Sabtu, 11 Juni 2011

CD ROOM TIDAK TERDETEKSI

Mengapa CD ROM Tidak Terdeteksi oleh BIOS? Bagaimana cara mengatsinya jika CD ROM tidak terdeteksi.

Pertama, cek CD ROM pada komputer lain. Apabila dapat terdeteksi berarti CD ROM berada dalam kondisi baik sehingga ada kemungkinan ada masalah pada kabel IDE atau kabel Power.

Kedua, ganti kabel IDE dan Power lama dengan yang baru (salah satu atau keduanya). Ini dimaksudkan untuk memastikan apakah terjadi masalah dengan kabel tersebut atau tidak.

Ketiga, perhatikan posisi jumper pada optical drive anda. Secara default, jumper pada drive CD ROM atau sejenisnya berada posisi master. Apabila anda menggunakan lebih dari satu drive, maka anda harus mengatur jumper pada masing-masing drive dalam posisi master-slave. Penggunaan posisi master-slave akan membuat proses pendeteksian menjadi tidak sempurna sehingga hanya mengenali satu drive. Petunjuk pengaturan biasanya tertera pada punggung optical drive.

Jika masih belum berhasil dapat disimpulkan bahwa sebenarnya CD ROM beserta kabel-kabelnya dalam kondisi yang baik. Kemungkinan besar ada masalah pada port IDE di motherboard anda. Untuk masalah ini lebih baik motherboard tersebut dibawa ke service center untuk mendapatkan penanganan langsung dari ahlinya.

1 komentar:

postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Poskan Komentar